Agar Hamil Tanpa Galau, Teman Bumil Luncurkan 2 Buku Panduan

Rabu, 26 Juni 2019 - 18:30 WIB
Agar Hamil Tanpa Galau, Teman Bumil Luncurkan 2 Buku Panduan
Agar Hamil Tanpa Galau, Teman Bumil Luncurkan 2 Buku Panduan
A A A
JAKARTA - Kehamilan merupakan momen yang ditunggu-tunggu dan menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi semua perempuan, khususnya kehamilan pertama. Setelah melewati kehamilan, para ibu pun akan dihadapkan pada masa pengasuhan bayi yang tidak kalah menantang, setidaknya hingga anak berusia 2 tahun.

Meskipun saat ini sudah banyak informasi kehamilan yang bisa didapatkan dengan mudah, hal ini tidak selalu membantu. Justru dengan semakin banyaknya informasi seputar kehamilan dan pengasuhan anak, lengkap dengan berbagai teorinya, tak jarang membuat calon orang tua dan orang tua baru bingung mana yang harus diterapkan.

Berdasarkan hal tersebut, Teman Bumil, aplikasi kehamilan dan parenting meluncurkan buku seputar kehamilan dan pengasuhan anak yang bertujuan untuk mempermudah orang tua mendapatkan informasi yang lengkap dan terpercaya.

"Dengan menerbitkan dua buku tentang kehamilan dan parenting, sebagai alternatif sumber informasi yang tepercaya yang bisa dengan mudah dibagikan dengan suami ataupun orang tua,” papar Tiffany Robyn Soetikno, selaku Co-Founder Teman Bumil saat acara peluncuran buku Kehamilan Tanpa Galau dan Parenting Tanpa Galau di Gramedia Matraman, Rabu (26/6/2019).

Dr. Ardiansyah Dara. Sp.OG., M.Kes. mengatakan banyak informasi yang selama ini membuat galau para perempuan seputar kehamilan mereka. Tidak hanya tentang pengetahuan dasar kehamilan seperti kebutuhan nutrisi dan tumbuh kembang janin, namun banyaknya mitos seputar kehamilan sering menjadi sumber kegalauan para calon ibu.

"Informasi yang valid bisa kurangi kecemasan ibu hamil. Kalo hamil cemas, asam lambung naik, gampang mewek, mood naik turun. Ibu-ibu hamil itu di Jakarta kan banyak yang bekerja jadi ganggu aktivitas sehari-hari," kata Ardiansyah.

Hal yang sama pun dialami ibu yang baru melahirkan. Merawat bayi baru Iahir, memang cukup menantang bagi orang tua baru. Di minggu pertama setelah dilahirkan. Misalnya, bayi masih sangat sensitif dan rentan dengan paparan lingkungan baru di sekitarnya.

“Akhirnya orang tua menjadi ragu-ragu bagaimana merawat bayi baru lahir dan serba ketakutan akan terjadi kesalahan. Padahal dengan pemahaman yang cukup, para Ibu dan ayah seharusnya bisa merawat bayi baru lahir dengan aman," ujar dr. Lucca Nauh Simbolon, Sp.A.

Melalui buku Kehamilan Tanpa Galau, para calon ibu disodorkan informasi mengenai tahapan kehamilan per trimester, tes khamilan yang harus dijalani, mitos-mitos seputar kehamilan hubungan suami istri selama kehamilan hingga persiapan persalinan. Sedangkan, buku Parenting Tanpa Galau memberikan informasi perihal mengasuh anak.

Mengasuk anak merupakan perjalanan penuh drama yang dialami hampir semua orang tua. Tahap pengasuhan anak dalam buku ini dibagi menjadi perawatan bayi baru lahir (0—6 bulan), anak usia 7—12 bulan saat si kecil mulai banyak belajar untuk bertumbuh dan berkembang dan usia 1—3 tahun saat si kecil sudah mulai bereksplorasi.

"Dengan cara penyampaian informasi yang mudah dipahami, singkat dan disertai infografis menarik, kedua buki ini diharapkan bisa menjadi sumber informasi yang membantu. Kedua buku ini sudah bisa diapatkan di seluruh Toko Buku Gramedia mulai awal Juli," tutur Tiffany.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4518 seconds (0.1#10.140)